Selasa, 26 November 2019

Muka-muka Baru di Daftar Orang Terkaya Indonesia

Muka-muka Baru di Daftar Orang Paling kaya Indonesia

Dari ke-7 orang kaya ini, Agus Lasmono Sudwikatmono ialah orangpaling kaya termuda. Usianya baru 39 tahun tetapi kekayaannya sampai Rp 7,6triliun. Ia tertera jadi Wakil Presiden PT Indika Energy, yangbergerak di industri tambang serta daya.

Menurut Chief Editorial Advisor Forbes Indonesia Justin Doeble,beberapa orang paling kaya di Indonesia alami penambahan kekayaan hampir2x lipat dari tahun awalnya. Umumnya dari orang kaya initerjebak dalam usaha emas hitam (daya) serta emas hijau (perkebunan,terutamanya sawit). Di bawah ini ialah profile dari tujuh pendatang barujadi orang paling kaya di Indonesia.

Sri Prakash Lohia, pemilik Group Indorama, berumur 58 tahun.Perusahaannya ialah produsen poliester terpenting di dunia. Produknyadi-export ke 90 negara di lima benua. Sekarang bisnisnya tidak cuma tekstil,dan juga merambah ke bidang pembangkit listrik.

Kiki Barki Makmur, pemilik Group Tanito Coal. Salah satunya perusahaan batubaranya, PT Harum Energy Tbk, sukses mencatat saham di bursa padaOktober lalu serta mengantongi Rp 1 triliun. Kekayaan entrepreneur berumur 71tahun ini melejit tajam dalam tempo tiga tahun dari Rp 13,5 triliunjadi Rp 15,3 triliun. Tidak hanya di Indonesia, Kiki mempunyai saham diAustralia lewat Cockatoo Coal.

LainBenny Subianto. Profesi pria 68 tahun ini diawali saatmasuk dengan Astra Internasional punya William Soeryadjaya.Profesinya melejit dengan menempati beberapa tempat penting di perusahaandibawah Astra, diantaranya United Tractors, Agro Industri, PTSumalindo Lestari Jaya, serta Astra Basic Industri. Bersama dengan EdwardSoeryadjaya serta Boy Tohir, Benny salah satunya pemilik Adaro Energy.

Agus Lasmono Sudwikatmono, 39 tahun, ialah pemilik Group Indika.Jangkauan bisnisnya sekarang menyebar ke beberapa sektor bisnis. Contohnyausaha multimedia (Indika FM, Indika Telemedia, Indika Production) dan pemilikan saham di SCTV serta Planet Hollywood.

Di bidang daya batu bara, dia bergerak dengan bendera PT Indika EnergyTbk. Untuk petrokimia, Agus mempunyai PT Petrokimia Nusantara Interindo.Sekarang putra bungsu Sudwikatmono itu tertera mempunyai beberapa tempatdi perusahaannya, diantaranya Wakil Presiden Direktur Indika Energy.

Wiwoho Basuki Tjokronegoro, pemilik Group Tripatra, bergerak dariindustri eksperimen peralatan pengeboran minyak mulai hulu, diantaranyamenghasilkan anjungan, kepala sumur bor, sampai pemasangan peralatanitu. Serta ada juga yang beroperasi di sektor survey laut, keuangan (leasing), dan eksperimen perlistrikan serta pertambangan umum. Di Indika Energy, ia tertera jadi presiden komisaris.

Mengenai Engki Wibowo, 59 tahun, serta Jenny Quantero, 58 tahun, ialahpemilik PT Bayan Sumber Tbk, perusahaan yang beroperasi di sektorpertambangan batu bara. Bayan adalah satu dari perusahaantambang batu bara paling besar di Indonesia.

ALI NY | ANTON WILLIAM |FORBES | RISET TEMPO

"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar