Kamis, 03 November 2016

Hexactinellida & Demospongia 2 kelas Porifera dengan banyak manfaat

Hexactinellida & Demospongia, 2 kelas Porifera dengan banyak manfaat


Cara Hemat Pererat Pertemanan dengan JalanJalan Hewan berpori mungkin saja belum banyak anda ketahui, lantaran mereka banyak hidup di laut, walau ada pula yang tinggal di air tawar. Hewan berpori dimaksud sebagai Porifera. Porifera yaitu satu diantara filum dalam kelompok hewan invertebrate (tidak bertulang belakang. Terkecuali Porifera masihlah ada 7 filum lain invertebrata, yakni hewan berongga (Coelenterata), hewan berkulit duri (Echinodermata), cacing pipih (Platyhelmintes), cacing gilig (Nemathelminthes), cacing gelang (Annelida), hewan lunak (Mollusca), serta hewan berbukubuku (Arthropoda).


Porifera dibagi jadi 3 kelas, yakni kelas Calcarea, Hexactinellida serta Demospongia. Nah, kesempatan ini kita akan ulas mengenai ciriciri Hexactinellida serta Demospongia, dan contohcontohnya.


1. Kelas Hexactinellida

Porifera yang masuk dalam kelas ini populer dengan nama bunga karang gelas (Hyalospongiae). Hewan ini hidup di laut, miliki spikula dengan enam jejari polong. Badannya bisa meraih panjang nyaris 1 m serta hidup di kedalaman pada 100 sampai 4. 500 m. Contoh porifera dari kelas ini yaitu Euplectella aspergillum.


2. Kelas Demospongia

Porifera kelas Demospongia dapat hidup di air laut serta air tawar. Spikulanya berupa serabut sebagai spongia atau silika yang tersusun jadi enam jejari. Contoh Demospongia yaitu Spongilla sp. (hidup di air tawar) yang banyak digunakan sebagai komoditas perdagangan serta Euspongia sp. yang banyak digunakan untuk pembersih kulit saat mandi.


Nah, unik kan ke-2 kelas hewan ini? Beberapa pakar memiliki pendapat kalau kelas Hexactinellida serta kelas Demospongia bisa dikumpulkan dalam kelas Noncalcarea. Porifera yang hidup di laut umumnya jadi satu diantara penyusun terumbu karang. Badannya begitu indah berpori, hingga satu waktu saat memandangnya, mungkin saja anda bakal menduga ia yaitu tumbuhan. Hewan yang begitu menarik, kan?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar