Sabtu, 12 November 2016

Cara Menanam Mawar Dengan Stek

Bagaimana langkah menanam mawar dengan stek? Banyak yang ajukan pertanyaan pada kami, apakah tanaman mawar bisa diperbanyak lewat cara stek? Bila dapat, bagaimana langkahnya? Jawabannya sudah pasti tanaman mawar itu bisa diperbanyak lewat cara stek, lantas bagaimana langkahnya? Sangat-amat gampang sekali! Tetapi terlebih dulu, kita ulas sedikit tentang pengertian dari pada stek. Stek adalah satu langkah perbanyakan tanaman dengan cara buatan dengan lakukan pemotongan dari bagian-bagian tanaman seperti pada batang, daun serta tangkai yang tak perlu menanti akar nampak terlebih dulu (sesudah dipotong-potong sisi tanaman itu, lalu tinggal ditanamkan/ditancapkan pada tanah). Misalnya bila Anda mempunyai tanaman singkong, potong-potong saja batangnya, lantas tancapkan serta tunggu sebagian minggu jadi dengan sendirinya bakal jadi tanaman singkong baru. 
 
Lantas bagaimana lewat cara menanam mawar dengan stek? Apakah semudah itu juga? Jika Anda mencari info sekitar stek mawar lewat on-line, cara-cara yang paling popular yaitu dengan memakai media kentang yaitu ujung batangnya ditancapkan pada kentang atau mungkin dengan mencelupkan ujung batangnya pada bubuk hormon akar sebelumnya ditanam di media tanah/gabah. 



Lantas bagaimana caranya menanam mawar dengan stek ala kami? System kami lebih simpel lagi, yaitu cuma dengan memotong-motong batang mawar sekira satu jengkal lalu tancapkan pada media gabah dalam polibag ukuran 20-30 cm yang sudah digabungi dengan pupuk kandang yaitu kotoran sapi serta ayam. Tetapi pastinya ada banyak hal yang butuh di perhatikan berkaitan batang seperti apa yang bisa dipakai?
Batang yang bisa dipakai untuk stek yaitu batang mawar yang telah cukup tua. Dari tempat mana kita ketahui batang mawar yang telah cukup tua? Gampang saja, cermatilah warna durinya, bila durinya telah berwarna hitam, jadi batang itu bisa dipakai untuk stek seperti pada gambar tersebut. 

Batang mawar yang durinya telah kehitaman
Nah, yang tidak bisa dipakai untuk stek yaitu batang yang masihlah muda, bisa diliat dari durinya yang masihlah berwarna merah seperti pada gambar tersebut. 

Batang mawar yang durinya masihlah kemerahan
Potonglah sekitaran satu jengkal tangan Anda untuk tiap-tiap batang mawar yang durinya berwarna hitam, lantas tancapkan pada polibag yang sudah kami jelaskan terlebih dulu pas di tengah-tengah polibag demikian halnya kedalamannya. Usai telah, Anda tinggal menyimpannya ditempat yang terbuka serta terserang matahari segera. Siram sekurang-kurangnya satu kali dalam satu hari, bila suhu tengah panas sekali, siramlah 2 kali satu hari (pagi serta sore). Kurun waktu 1-2 minggu, umumnya telah tumbuh daun serta tunas baru dari hasil stek itu. Gampang sekali bukan? 

Stek mawar liar
Jasa Taman Surabaya Yup, gampang sekali! Tetapi, apakah Anda ketahui varietas apa sajakah dari tanaman mawar yang bisa diperbanyak lewat cara stek itu? Nah, disinilah masalahnya, berdasar pada pengalaman kami, cuma varietas mawar liar (wild roses) serta mawar kampung saja-lah yang bisa diperbanyak lewat cara stek itu. Mawar liar yaitu type tanaman merambat, ditempat kami dinamakan dengan mawar jadah. Mawar liar yang umumnya kami stek yaitu mawar yang seperti pada gambar berikut ini (tak tahu apa namanya bila dalam bhs latin). 

Mawar liar merambat
Jadi, mawar varietas semi holland yang umum kami jual (yang senantiasa ada di beberapa toko bunga/florist) tidak bisa diperbanyak lewat cara stek? Ya, jawabnya tak dapat! Kami pernah coba lakukan hal itu pada varietas mawar semi holland serta mawar lokal (mawar hias pot), tetapi gagal (mati). Lantas kenapa kami lakukan stek pada mawar liar itu? Jawabnya yaitu sebagai bahan untuk lakukan tehnik okulasi pada varietas mawar semi holland. Apakah itu tehnik okulasi? Silakan baca artikel terlebih dulu yang berjudul Perbanyakan Tanaman Mawar Dengan cara Vegetatif (Mawar Semi Holland). Tersebut panduan/bahasan yang bisa kami berikan berkaitan judul artikel langkah menanam mawar dengan stek. Akhir kata, selamat berkebun! Selamat coba serta mudah-mudahan berguna!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar